Diberdayakan oleh Blogger.

Emas Konsolidasi, Silver Peluang Koreksi ( Analisa 31 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 17.21.00
 GOLD
Pergerakan harga emas pada grafik 1 jam cenderung konsolidasi dalam bias bearish, meski jika dilihat dari indikator stochastic yang mengarah keatas menunjukkan emas ada peluang untuk terkoreksi terlebih dahulu, Perhatikan area resistance di level 1298.43 untuk mencari konfirmasi sinyal jual. Akan tetapi jika emas berhasil menembus resistance tesrebut  terlebih dahulu maka emas akan naik dan mencoba resistance selanjutnya di level 1306.38

Namun Bias intraday akan menjadi bearish  jika support  di 1290 tembus. Jika itu terjadi, harga emas diperkirakan akan bergerak turun untuk mencoba test support berikutnya dikisaran 1285.56


SILVER
Saat ini silver terlihat dalam kondisi cenderung bullish, meski jika dilihat dari grafik 1 Jam diatas dimana dari indikator stochastic oscillator dan CCI silver berada di area overbought membuat silver ada peluang untuk mengalami koreksi terlebih dahulu. Perhatikan area support dikisaran 19.76 – 19.84 untuk mencari konfirmasi sinyal beli. Akan tetapi jika silver bergerak naik dan berhasil menembus resistance di 19.99 terlebih dahulu maka silver akan melanjutkan trend bullishnya untuk selanjutnya akan mecoba test resistance di kisaran 20.14.

Namun bias bullish silver bisa berubah menjadi bearish apabila support di kisaran 19.76 berhasil ditembus, bila ini terjadi maka silver akan mencoba test support berikutnya di level 19.52.



Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Euro Dekati Level Terendah 1 Bulan Rendah Sebelum Data CPI ( News 31 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 11.08.00

Euro diperdagangkan mendekati level terendah satu bulan sebelum data hari ini yang mungkin menunjukkan inflasi melambat di kawasan eropa, meningkatkan spekulasi Bank Sentral Eropa akan memberikan arahan langkah-langkah stimulus pada pertemuan kebijakan minggu ini.

Dolar dekati level tertinggi dua minggu terhadap yen seiring Pemimpin Federal Reserve Janet Yellen akan berbicara hari dan menjelang angka yang di rilis besok yang mungkin menunjukkan manufaktur AS menguat di bulan ini. Dolar Australia dekati level tertinggi empat bulan seiring para ekonom memperkirakan bahwa Reserve Bank Australia akan mempertahankan suku bunganya pada pertemuan besok .

” Jika perkiraan inflasi kawasan euro di bawah konsensus, itu akan memberikan spekulasi pelonggaran lebih lanjut , ” kata Toshiya Yamauchi , seorang analis senior pada Ueda Harlow Ltd di Tokyo. ” Euro bisa turun di bawah $ 1.37 . “

Euro diperdagangkan pada $ 1.3754 pada pukul 08:43 di Tokyo dari $ 1.3752 pada akhir pekan lalu, yang sebelumnya sempat menyentuh $ 1.3705, terendah sejak 28 Februari. Euro diperdagangkan ¥ 141.52 dari 141.40 terhadap yen.Dolar diperdagangkan pada ¥ 102.89 dari 102.83 pada tanggal 28 Maret, setelah sempat naik ke 102.98, tertinggi sejak 12 Maret.



Sumber : Bloomberg.com


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Saham – Saham Asia Menguat; Ringgit dan Lira pun Demikian ( News 31 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 10.54.00

Saham – saham Asia menguat, Lira Turki dan ringgit Malaysia memimpin penguatan mata uang di pasar negara berkembang. MSCI Asia Pacific Index naik 0.6 persen pada pukul 11:04 di Tokyo , ditetapkan sebagai penutupan tertinggi dalam hampir tiga minggu dan mengurangi penurunan kuartalan menjadi 2.8 persen . Indeks Topix Jepang naik 0.6 persen. Standard & Poor 500 futures naik 0.3 persen setelah mengalami penurunan dua hari. Lira menguat 0.8 persen terhadap dolar setelah partai yang berkuasa di Turki kembali memenangkan pemilihan umum di negaranya sementara ringgit naik untuk hari keempat. Platinum naik 0.8 persen.


Hari ini, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda akan membahas bersama anggota parlemen, di tengah spekulasi bahwa bank sentral dan pemerintah akan menambah stimulus untuk mengimbangi perlambatan output pabrik dan kenaikan pajak penjualan besok. Janet Yellen akan berbicara di Chicago hari ini karena para investor menunggu data payrolls akhir pekan ini untuk menilai prospek suku bunga AS. China merilis data manufaktur besok setelah China Construction Bank Corp melaporkan pertumbuhan laba yang melebihi perkiraan.


” Kuartal pertama hampir berakhir dan sebagian besar dari kita mungkin senang karena itu bukan kuartal yang mudah, lonjakan pertumbuhan yang dijanjikan tidak datang, ” Stephen Walters analis JPMorgan Case & Co.


Sumber : Bloomberg.com


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Jokowi Ikut Dalam Pertarungan Pemilu Presiden: Bagaimana Potensi Rupiah, IHSG dan Emas ...?

denis sumaryadi Reply 16.32.00

Genderang pemilu sudah ditabuh dan saat ini partai peserta pemilu berlomba lomba menarik simpati warga negara Indonesia untuk memilih partainya dengan serangkaian “janji manis” yang mereka sebut “program”. Banyak strategi yang dilakukan oleh partai politik untuk menarik minat masyarakat untuk memilih partainya. Saat ini yang sedang hangat yaitu langkah partai PDI-P yang mengumumkan Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebagai calon presiden dari PDI-P. Sebagian orang menengarai langkah ini diambil untuk mendongkrak hasil suara partai berlambang kepala banteng tersebut dalam pemilu mendatang.

Kaitannya dengan dunia bisnis, hal yang menarik dari deklarasi pencapresan Jokowi yaitu pasar langsung merespon positif berita ini. IHSG menguat pasca pengumuman tersebut, padahal pada pagi harinya IHSG cenderung berada di zona merah. Hal lain yang juga menarik yaitu pengaruhnya di nilai tukar rupiah. Sebelum tanggal 14 Maret 2014 atau sebelum adanya berita pencapresan Jokowi, nilai tukar rupiah berada dilevel 11.400-an dan pasca pengumuman tersebut terpantau rupiah sempat menguat hingga level 11.280 (18 maret 2014).

Untuk jangka pendek ini nilai tukar rupiah akan banyak dipengaruhi oleh iklim selama berlangsungnya pesta demokrasi atau pemilu di Indonesia. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan kembali melemah apabila situasi perekonomian Indonesia tidak kondusif. Namun apabila Pemilu aman dan berlangsung kondusif dapat dipastikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali menguat. Apalagi jika hasil pemilu sesuai dengan harapan para pelaku bisnis.

Apabila Anda berinvestasi di sektor komoditas seperti emas, ada beberapa faktor yang harus Anda lihat selain berita hangat seputar pemilu. Harga emas dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS. Faktor ke dua tentu saja harga emas dunia. Harga emas selalu bergerak menyesuaikan harga emas dunia yang dipengaruhi oleh situasi ekonomi pasar global.
Jadi khusus untuk harga emas ini kita tidak bisa langsung menyimpulkan kalau pemilu akan mempunyai pengaruh yang dominan ke harga emas. Karena itu tadi jika ternyata hasil pemilu sesuai harapan dan rupiah menguat, namun harga emas global juga terus menguat, maka harga emas di dalam negeri juga tidak akan mengalami perubahan yang signifikan.

Sekedar mengingatkan, pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (14/3), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menembus level 4.878 atau menguat tajam sebanyak 152 poin. Aliran dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 7,48 triliun. Nilai tukar Rupiah ikut menguat 11 poin ke level Rp 11.375 per USD. Fenomena-fenomena itu terjadi sesaat setelah Jokowi untuk pertama kalinya menyatakan kesiapannya bertarung di pilpres. Sementara untuk harga emas pada akhir pekan yang sama setelah pengumuman Jokowi menjadi capres hanya turun 1000 rupiah dari Rp 500.000/gram menjadi Rp. 499.000. Ini karena meskipun rupiah menguat akan tetapi pada tanggal yang sama harga emas dunia ditutup menguat menjadi $1,381/oz dari pembukaan dikisaran $1,369/oz.


Berikut ini adlaah grafik pergerakan Rupiah terhadap USD, serta grafik IHSG saat pengumuman pencapresan Jokowi :


Grafik Emas LM dan Harga emas dunia pada tanggal 14 Maret 2014 :



Dari grafik diatas terlihat meski rupiah menguat tajam akan tetapi disaat bersamaan harga emas dunia juga masih mengalami kenaikkan sehingga efeknya ke harga emas dalam negeri tidak terlalu signifikan karena emas di dalam negeri hanya turun 1000 rupiah.










Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas dan Silver Terkoreksi, Ada Peluang Lanjutkan Pelemahan ( Analisa 28 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 14.36.00
XAU/USD
Pergerakan Emas pada grafik 1-jam terlihat berada dalam tekanan bearish dan saat ini berpeluang untuk terkoreksi. Indikator teknikal tengah mendekati area jenuh beli pada grafik 1-jam. Perhatikan area resistance 1299.40 – 1305.85 yang merupakan area resistance dinamis dari MA untuk mencari konfirmasi sinyal jual dengan target sasaran pada kisaran 1295.42 – 1288.98.
Namun, waspadai kemungkinan pecahnya area resistance 1305.85 karena hal tersebut dapat membuka kemungkinan emas akan kembali menguat mengincar area resistance 1309.83 – 1316.27.


XAG/USD
Pergerakan perak pada grafik 1-jam terlihat sedang berada dalam fase koreksi dimana ada kemungkinan perak kembali melemah. Indikator teknikal menunjukkan sinyal jenuh beli pada grafik 1-jam. Perhatikan area resistance 19.77 – 19.91 untuk mencari konfirmasi sinyal jual dengan target sasaran pada kisaran 19.69 – 19.56.
Berhati – hatilah, jika area resistance 19.91 berhasil ditembus oleh perak, karena hal tersebut akan membuka kemungkinan perak kembali menguat mengincar area resistance 19.99 – 20.12.

Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Euro Melemah, Perhatian ke ECB, Kiwi Menguat ( News 28 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 11.29.00
Euro terpantau mengelami pelemahan di awal perdagangan di hari jumat, sementara rally terus dialami oleh dollar new Zealand yang mencetak level terkuatnya dalam dua tahun terakhir.


Euro terakhir diperdagangkan dikisaran level $1.3743, setelah sempat melemah ke level terendahnya dalam tiga minggu dilevel $1.3728 semalam dan masih dalam jalur pelemahan untuk minggu kedua ini.


Terhadap Yen, euro melemah ke level terendahnya dalam 3 minggu dan diperdagangkan di level 140.19. Selain itu euro juga melemah terhadap major currencies lainnya.


Komentar mingggu ini yang menambahkan spekulasi bahwa akan ada langkah lebih lanjut dari ECB yang datang dari Jerman, dimana pembuat kebijakan dari negara Jerman tersebut mengulangi pendapatnya tentang kebijakan moneter yang lunak. Salah satu anggota dewan ECB Jens Weidmann mengatakan suku bunga negative merupakan pilihan untuk mengatasi penguatan euro dan membeli pinjaman dan aset lainnya dari perbankan.

Para trader mengatakan data inflasi yang akan dirilis hari ini dan besok senin akan diperhatikan untuk memberikan petunjuka tentang langkah yan akan diambil oleh ECB.

Sumber : Bloomberg.com

Simak Juga :  Tips Menyusun Strategi Trading Anda
Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Bursa Saham Asia Berayun, Indeks Mengarah ke Penguatan Mingguan ( News 28 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 11.07.00

Bursa saham asia terpantau mengayun antara menguat dan melemah, meski indeks utama regional mengarah ke penguatan bahkan merupakan penguatan terbesar mingguan sejak bulan September. Saham sektor telekomunikasi memimpin pelemahan ini sementara saham sektor perbankan dan perusahaan broker memimpin penguatan yang terjadi.

Indeks MSCI Asia Pasific terpantau turun 0.1% menjadi 135.93 di Tokyo setelah menguat kurang lebih 0.1%. Indeks ini telah menguat 2.4% minggu ini. Meski untuk indeks Topix mengalami penurunan 0.5% setelah data menunjukkan consumer price diluar makanan segar naik 1.3% untuk bulan Februari sebelum kenaikkan pajak penjualan berpengaruh bulan depan

Saham Yahoo Japan Corp turun 9.1% setelah setuju untuk membeli aAccess Ltd seebsar 324 miliar yen dari parent SoftBank Corp. Saham Softbank, perusahaan telekomonikasi turun 2.7% atau merupakan penurunan terbesar di sektor telekomunikasi untuk indeks MSCI.

Indeks Korea Selatan Kospi tercatat turun 0.2%. Indeks Australia S&P ASX 200 menguat 0.1% sementara indeks New Zealand NZX 50 turun 0.2%.



Sumber : Bloomberg.com


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Masih Bearish, Minyak Tertahan Resistance ( Analisa 27 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 15.50.00



GOLD

Pergerakan harga emas pada grafik 1 jam masih cenderung bearish, meski jika dilihat dari indikator stochastic menunjukkan emas berada di area oversold sehingga ada peluang emas untuk terkoreksi terlebih dahulu, Perhatikan area resistance dikisaran 1307.41 – 1312.09 untuk mencari konfirmasi sinyal jual. Akan tetapi jika emas berhasil menembus resistance di level 1312.09 terlebih dahulu maka emas akan naik dan berubah menjadi bias bullish untuk selanjutnya akan coba test resistance berikutnya di level 1316.27

Namun jika emas tidak tembus dan atau emas berhasil menembus level support di 1298.54 terlebih dahulu maka emas akan melanjutkan bias bearishnya untuk selanjutnya emas akan mencoba test support di level 1291.77


OIL

Saat ini oil terlihat dalam kondisi bias bullish, meski jika dilihat dari grafik 1 Jam diatas dimana dari indikator stochastic oscillator terlihat menekuk kebawah sehingga ada peluang untuk mengalami koreksi terlebih dahulu. Perhatikan area support dikisaran 99.77 – 99.93 untuk mencari konfirmasi sinyal beli. Akan tetapi jika oil bergerak naik dan berhasil menembus resistance di 100.43 terlebih dahulu maka oil akan melanjutkan trend bullishnya untuk selanjutnya akan mecoba test resistance di kisaran 100.74

Namun bias bullish oil bisa berubah menjadi bearish apabila support di kisaran 99.77 berhasil ditembus, bila ini terjadi maka oil akan mencoba test support berikutnya di level 99.42.






Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Yen Sentuh Level Tertinggi Satu – Minggu Di Tengah Permasalahan Ukraina ( News 27 Maret 2014 )

denis sumaryadi Reply 11.36.00

Yen naik ke level tertinggi satu minggu terhadap dolar AS di tengah kekhawatiran negara-negara Barat akan meningkatkan tekanan pada Rusia setelah Presiden AS Barack Obama memperingatkan Rusia atas tindakannya.

Mata uang Jepang memperpanjang penguatannya dalam dua hari terhadap euro sebelum negara Asia tersebut merilis data Consumer Price Index besok. Greenback tetap lebih tinggi terhadap euro sebelum laporan hari ini yang mungkin menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya di ekonomi terbesar dunia. Dolar Selandia Baru naik untuk hari kelima setelah surplus perdagangannya lebih besar dari perkiraan bulan lalu .

” Masalah antara Rusia dan Ukraina tetap belum terpecahkan dan pasar sedang memantau sejauh mana Eropa akan mengikuti AS dalam mengadopsi sanksi , ” kata Kazuo Shirai, seorang trader di Union Bank NA Los Angeles. ” Yen pecah 102 per dolar di tengah risk aversion. Saya mengharapkan pasar yang bergejolak sampai situasi di Rusia stabil. “

Yen menguat 0.2 persen menjadi 101.86 per dolar pada pukul 11:00 di Tokyo yang sebelumnya sempat menyentuh 101.72 hari ini, terkuat sejak 19 Maret. Mata uang Jepang naik 0.1 persen menjadi 140.47 per euro setelah penguatan ke 140.27, level yang tidak terlihat sejak 5 Maret. Dolar diperdagangkan $ 1.3787 terhadap euro. Ini naik 0.4 persen selama dua hari.

Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Saham – Saham Asia Jatuh Seiring Meningkatnya Risiko Obligasi dengan Menguatnya Yen ( News 27/03/2014 )

denis sumaryadi Reply 11.07.00

Saham – saham di Asia mengalami penurunan karena risiko obligasi di kawasan tersebut meningkat dan yen memperpanjang penguatannya di tengah kekhawatiran Presiden Barack Obama yang akan meningkatkan tekanan pada Rusia.

Indeks MSCI Asia Pacific mengalami penurunan 0.4 persen pada pukul 11:03 di Tokyo dengan indeks Topix Jepang yang tergelincir 1.3 persen. Saham Australia jatuh. Standard & Poor 500 futures naik 0.1 persen setelah indeks jatuh 0.7 persen di New York. Yen menguat ke level tertinggi satu minggu terhadap dolar AS.


Obama mengatakan setelah pertemuan dengan para pemimpin Eropa bahwa ada konsekuensi atas tindakan Rusia atas Krimea Ukraina. Inggris akan merilis data penjualan ritel sebelum AS merilis angka klaim pengangguran dan pembacaan untuk pertumbuhan ekonomi kuartal keempat.


Angus Gluskie, managing director White Funds Management Ltd di Sydney, melalui telepon hari ini, mengatakan bahwa pasar akan gugup dan ada kemungkinan bahwa AS akan meningkatkan tindakannya terhadap Rusia setelah Obama berbicara demikian.



Sumber : Bloomberg.com


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Dan Silver Dalam Fase Konsolidasi, Perhatikan Support Resistance ( Analisa 26 Maret 2014 )

denis sumaryadi 1 15.57.00
 
GOLD
Pergerakan harga emas pada grafik 1 jam saat ini dalam fase konsolidasi dengan bias bearish, meski jika dilihat dari indikator stochastic oscillator dan CCI yang mengarah ke atas memberikan peluang bagi emas untuk mengalami pullback. Maka perhatikan area resistance di level 1319.34 untuk mencari konfirmasi sinyal jual, namun jika ternyata resistance tersebut berhasil ditembus terlebih dahulu maka emas akan berubah menjadi bias bullish untuk selanjutnya akan mencoba test resistance di level 1328.11

Namun jika resistance ini tidak tembus maka emas akan kembali turun untuk mencoba test support di level 1305.15, apabila level support ini berhasil di tembus maka emas akan meneruskan bias bearishnya untuk selanjutnya akan mencoba test support berikutnya di level 1296.30

SILVER
Pada grafik satu jam pergerakan harga silver cenderung mengalami konsolidasi dalam bias bearish. Hal ini didukung dari indikator stochastic oscillator dan CCI yang berada di area overbought. Perhatikan area resistance di level 20.23 untuk mencari konfirmasi sinyal jual apabila tidak berhsil ditembus. Akan tetapi jika silver berhasil menembus resistance ini terlebih dahulu maka silver akan berubah menjadi bias bullish untuk selanjutnya akan mencoba test resistance dilevel 20.40

Namun apabila ternyata resistance di 20.23 ini tidak berhasil ditembus maka silver akan kembali turun dan akan mencoba test support di level 19.89, dan apabila level support ini berhasil ditembus maka silver akan meneruskan bearishnya untuk selanjutnya akan mencoba test support berikutnya di level 19.63.

Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Berkenalan dengan garis Support & garis Resistance

denis sumaryadi 1 14.26.00

Berkenalan dengan garis Support & garis Resistance


Sobat Trading Emas - Pada dasarnya support dan resistance merujuk pada level harga tertentu yang dalam sejarah nya telah menjadi pembatas dalam pergerakan harga, mengingat bahwa harga bergerak naik dan turun.

Garis Support adalah garis imaginer di level tertentu di bawah harga yang berlaku saat ini, yang berfungsi mencegah harga terperosok lebih dalam dari garis tersebut.

Garis support merupakan sentiment bullish, optimimse dan gairah pasar, dikarenakan garis tersebut terjadi karena banyak nya para pembeli dan sedikitnya penjual, sehingga berpotensi harga kembali memantul ke atas saat berada pada area garis tersebut.


Trading Emas, Trading Emas Online, Cara Investasi Emas, Grafik Harga Emas


Pada saat membuat garis support, biasanya para trader manarik garis lurus lalu menghubungkan titik titik pada area harga terendah..seperti gambar di atas itu.

Sedangkan garis resistance adalah kebalikan dari garis support. Garis resistance  adalah garis imaginer di level tertentu di atas harga yang berlaku saat ini, yang berfungsi mencegah harga terbang lebih tinggi dari garis resistance.

Garis resistance merupakan sentiment bearish, menandakan keraguan, dan pesimisme dikarenakan garis tersebut terjadi karena banyaknya para penjual dan sedikitnya pembeli sehingga berpotensi harga memantul ke bawah saat berada pada area garis tersebut.

Pada saat membuat garis resistance para trader umumnya menarik garis lurus dan menghubungkan titik titik pada area harga tertinggi. 


Trading Emas, Trading Emas Online, Cara Investasi Emas, Grafik Harga Emas


Sobat Cara Investasi Emas - Dalam membuat garis support maupun resistance tidak harus merupakan level yang pasti. Jadi tidak perlu garis yang dengan sempurna menghubungkan semua titik-titik tersebut. Perbedaan beberapa pips masih bisa diterima. 


Support menjadi resistance dan resistance menajadi support

Nah lho... kenapa bisa seperti itu? Tidak ada yang kekal di dunia yang fana ini, termasuk garis support maupun resistance. Ketika garis support sudah ditembus oleh pergerakan harga maka garis tersebut sudah berubah menjadi resistance. Begitu pun sebaliknya, ketika garis resistance di tembus oleh harga dari bawah ke atas, maka sudah barang tentu garis tersebut bermetamorfosis menjadi garis support, seperti gambar di bawah ini:   


Trading Emas, Trading Emas Online, Cara Investasi Emas, Grafik Harga Emas


Sekian dulu pembahasan tentang garis support dan resistance-nya. Ok Sobat Trading Emas Untuk melatih kemampuan skill trading dan menguji Trading Plan anda silakan gunakanlah  DEMO ACCOUNT terlebih dahulu sebelum benar benar menggunakan real account







Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Artikel Sebelumnya

Search

Tradeworks

SUSCRIBE ANALISA DAN BERITA

SEMINAR ONLINE GRATIS

SEMINAR  ONLINE  GRATIS
Klik Untuk Registrasi Seminar Online

PARTNERSHIP PROGRAM

REKOMENDASI FREE MAJALAH BISNIS

Follow Us