Diberdayakan oleh Blogger.

Kondisi Bearish Pada Emas Dan Perak akankah, Akankah Berlanjut .... ?

denis sumaryadi Reply 16.10.00



Akankah Tekanan Bearish Emas Berlanjut ?


 
Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 1 jam-an berada dalam tekanan bearish ditandai dengan harga yang bergerak di bawah garis tren. Jika harga menembus support 1313.22 yang merupakan area 61.8% dari tools Fibonacci retracement membuka potensi harga akan semakin jatuh semakin tajam dengan bergerak ke bawah menuju support 1310.50 – 1306.11.

Sebaliknya waspadai karena secara teknikal indicator stochastic berpotensi akan mengalami jenuh jual dimana ada kemungkinan harga akan bergerak ke atas. Perhatikan jika harga emas tertahan di atas support 1313.22 membuka peluang harga akan melakukan fase rebound dimana garis tren cenderung akan di sentuh oleh pergerakan harga.


Kondisi Bearish Pada Perak, Akankah Berlanjut ....?


 

Secara umum, pergerakan perak pada grafik 1 jam-an berada dalam kondisi bullish minor. Waspadai jika harga perak menguat terhadap dollar dengan menembus garis tren dan resistan 20.94 membuka peluang harga akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran 21.07.

Sebaliknya jika diperhatikan harga perak telah berhasil menembus garis tren dimana ada kemungkinan harga akan bergerak ke bawah. Pecahnya support 20.80 akan membuka potensi harga bergerak ke bawah menuju support selanjutnya pada kisaran 20.69.

Simak Juga :  4 Tips Tidak Terjebak Dengan Data Fundamental 





Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Cermati Kondisi Ekonomi AS

denis sumaryadi Reply 12.38.00

Harga emas tidak banyak berubah di sesi Asia seiring investor menanti serangkaian data ekonomi AS yang akan dirilis pekan ini yang bisa berikan petunjuk lebih lanjut mengenai oulook kebijakan moneter Federal Reserve. Paman Sam akan merilis data tenaga kerja (versi ADP) pada hari Rabu dan klaim pengangguran serta non-farm payroll pada hari Kamis. Jika serangkaian data tersebut sinyalkan masih lambatnya perbaikan kondisi sektor tenaga kerja AS maka ini dapat menegaskan ekspektasi pasar bahwa Fed mungkin tidak akan tergesa-gesa menaikan suku bunganya ketika menyelesaikan program pembelian obligasi pada akhir tahun 2014.


Daya tarik emas sebagai aset safe-haven juga masih terjaga seiring berlarutnya aksi pemberontakan di Irak dan Ukraina. Militer Irak menggempur pemberontak di kota Tikrit demi menguasai kembali kota tersebut. Militer Ukraina juga bertempur dengan pemberontak di sebelah timur kota Slaviansk menjelang berakhirnya gencatan senjata pada Senin malam ini. XAU/USD  kini diperdagangkan di level $1316.40; dekat level pembukaan harian $1315.72







Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Dan Perak Terkoreksi, Perhatikan Support

denis sumaryadi Reply 15.51.00





 

Emas Terkoreksi, Perhatikan Support di 1314.15


Dari chart TF 1 H di atas emas cenderung masih dalam fase konsolidasi, meski jika dilihat dari stochastic oscilator dan CCI yang berada di area over bought memberikan peluang bagi emas untuk turun terlebih dahulu, jika skenario ini yang terjadi perhatikan support di kisaran area 1314.15 – 1318.40 untuk mencari konfirmasi sinyal beli, tetapi hati hati jika support di level 1314.15 berhasil ditembus karena ini akan membuat intraday emas berubah menjadi bearish dan selanjutnya akan mengejar support berikutnya di level 1306.10.

Namun apabila ternyata emas naik dan berhasil menembus resistance di level 1322.20 terlebih dahulu maka emas untuk intraday berada dalam bias bullish dengan target selanjutnya akan mencoba test resistance berikutnya di level 1328.35



Perak Terkoreksi Setelah Gagal Break Resistance


Dari chart TF 1 H perak untuk intraday cenderung berada dalam bias bullish, meski masih tertahan di kisaran resistance kuatnya di level 21.19. Dan juga jika dilihat dari stochastic oscilator dan CCI yang berada di area overbought memberikan peluang bagi perak untuk terkoreksi, jika skenario ini yang terjadi perhatikan support di area 20.94 – 21.03 untuk mencari konfirmasi sinyal beli, tetapi hati hati jika support di 20.94 berhasil ditembus karena ini bisa merubah bias intraday menjadi bearish dan perak akan turun untuk mencoba test support berikutnya di level 20.78.

Namun apabila perak ternyata naik dan berhasil menembus resistance di level 21.19 maka perak akan meneruskan bias bullish-nya dengan target selanjutnya perak akan mencoba test resistance berikutnya di level 21.29.


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Tips Profit Dengan Indikator Ekonomi

denis sumaryadi 1 13.47.00

Tips Profit Dengan Indikator Ekonomi



Sobat Trading Emas dalam trading, ada dua jenis analisa yang dilakukan yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental. Salah satu analisa fundamental yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan data-data ekonomi yang dirilis. 
Trading Emas, Trading Emas Online, Cara Investasi Emas, Investasi Emas, Grafik Harga Emas

Dari data-data ekonomi yang dirilis tersebut bisa dimanfaatkan menjadi salah satu strategi trading untuk mendulang profit. Ada beberapa data ekonomi penting yang dampaknya sangat besar terhadap pasar, menyebabkan harga bisa bergerak puluhan bahkan ratusan pips hanya dalam hitungan menit.
Kali ini kita ulas tips yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan data ekonomi sebagai strategi dalam trading emas kita.


Data Ekonomi Yang Ber-Efek Besar
Data ekonomi atau indikator ekonomi memberikan sinyal yang memberikan panduan terhadap perekonomian suatu negara serta pengaruhnya terhadap pergerakan mata uang suatu negara. Informasi ini menjadi sangat penting bagi trader yang dalam transaksinya menggunakan analisa fundamental untuk mengambil keputusan Buy atau Sell.

Dirilisnya data ekonomi yang penting sering kali dibarengi dengan meningkatnya volume transaksi dan bisa berdampak besar terhadap pergerakan suatu mata uang. Dalam melihat data ekonomi ini kita harus bisa memposisikan diri kita sebagai seorang trader bukan sebagai seorang analis. Karena apabila kita memposisikan sebagai seorang analis maka kita akan terjebak ingin mengetahui sangat dalam tentang ekonomi suatu negara. Akibatnya akan banyak informasi yang kita cari sehingga kita tambah pusing. Tetapi jika Anda memposisikan diri sebagai seorang trader, Anda hanya fokus apakah data itu baik atau jelek, lalu efeknya terhadap mata uang bagaiman.

Jadi faktor pertama yang harus kita tahu yaitu data mana saja yang yang mempunyai dampak yang besar terhadap pasar, karena tidak semua data ekonomi mempunyai efek yang besar. Fokus saja terhadap data-data penting. Untuk mengetahui data ekonomi penting yang akan dirilis sekarang sudah banyak website yang menyediakan informasi tersebut, misalnya www.forexfactory.com


Jadwal Dirilisnya Data Ekonomi
Dengan kemajuan teknologi, saat ini kita sudah bisa mengetahui sebelumnya kapan suatu data ekonomi akan dirilis. Saat ini banyak media baik online maupun yang offline yang menyediakan informasi atau jadwal dirilisnya data data ekonomi tersebut. Bahkan saat ini sudah ada software yang secara otomatis akan memberikan alert apabila suatu data ekonomi akan dirilis. Selain itu, hampir semua broker menyediakan fasilitas ini dalam websitenya.

Jadi faktor kedua yang harus kita perhatikan yaitu jadwal kapan dirilisnya data ekonomi tersebut dirilis. Dengan mengetahui jadwal data ekonomi yang akan dirilis kita akan tahu kapan saatnya trading.


Menganalisa Data Ekonomi Yang Dirilis
Data ekonomi yang penting biasanya berhubungan dengan sektor tenaga kerja, tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi serta kebijakan bank sentral terkait dengan suku bunga. Biasanya data-data tersebut diperhatikan oleh para trader karena dampaknya yang besar terhadap pasar.

Harus diperhatikan bahwa US dollar merupakan kunci penggerak di pasar , sehingga data ekonomi yang berhubungan dengan US dollar biasanya akan lebih mendapatkan perhatian.

Untuk tips ketiga ini kita harus mengetahui efek suatu data ekonomi terhadap pergerakan mata uang. Misalnya jika suku bunga di AS dinaikkan kita harus tahu dampaknya terhadap US dollar. Jika misalnya data tingkat pengangguran Inggris yang dirilis kita harus tahu efeknya terhadap poundsterling.


Mengantisipasi Data Ekonomi Yang Dirilis
Biasanya dari setiap data ekonomi yang akan dirilis akan ada perkiraan menurut ahli ekonomi. Mereka mencoba memprediksi besarnya angka atau nilai dari suatu data berdasarkan analisanya terhadap kondisi ekonomi.

Banyak trader yang mengikuti prediksi ini. Apabila hasil data yang dirilis berbeda jauh dengan perkiraan para ekonom tersebut, biasanya volatilitasnya pasar akan sangat tinggi.

Untuk tips yang terakhir ini, Anda harus bisa segera mengantisipasi data ekonomi yang dirilis. Anda harus stand by di depan komputer lima menit sebelum data ekonomi dirilis, karena hanya dalam hitungan detik saat data tersebut dirilis bisa langsung berimbas ke pasar. Jangan ketinggalan berita atau kehilangan moment apabila Anda trading menggunakan analisa fundamental.

Contoh:
Sebagai contoh, misalnya ada perkiraan bahwa untuk data Non Farm Payroll AS yang akan dirilis menurut para analis akan adanya penambahan sebesar 100,000. Saat data ini akan dirilis biasanya para trader tidak akan masuk posisi sampai data ini dirilis. Dan ternyata saat dirilis hasilnya berkurang 25,000, dimana hasil ini jauh dari perkiraan analis dan mengejutkan para trader. Para trader yang sebelumnya yakin akan bagusnya data dan sudah masuk posisi akan segera menutup posisinya, hal ini akan menyebabkan maraknya aksi jual terhadap US dollar dan membuat US dollar melemah.

Satu hal yang harus diperhatikan oleh para trader yang memanfaatkan data ekonomi yaitu terkait dengan revisi data bulan sebelumnya, hal ini juga biasanya mempunyai dampak di pasar. Jadi selain hasil data yang dirilis hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan yaitu revisi terhadap hasil data sebelumya.

Indikator ekonomi bisa menjadi alat bantu yang berguna bagi trader untuk mengembangkan strategi trading mereka. Trader harus memberikan perhatian terhadap jadwal kapan dirilisnya data ekonomi karena akan berperan terhadap posisi yang trader akan ambil. Dan satu hal trader harus mengikuti data ekonomi dari negara yang ada pengaruhnya dengan pasangan mata uang yang trader transaksikan, maksudnya jika kita akan trading poundsterling maka perhatikan data data ekonomi dari negara Inggris dan AS, jika ada data ekonomi dari Jepang bisa kita abaikan karena efeknya tidak akan besar terhadap poundsterling.


Ok sobat Trading Emas selalu saya sarankan agar selalu menguji Trading Plan anda dengan  DEMO ACCOUNT terlebih dahulu sebelum benar benar menggunakan real account






Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Dan Perak Tertahan Resistance

denis sumaryadi Reply 16.06.00


Emas Tertahan Resistance, Peluang Terkoreksi


Dari chart TF 1 H di atas emas yang sempat rebound tidak berhasil menembus resistance sebelumnnya di level 1325 dan terlihat kembali terkoreksi, jika dilihat dari stochastic oscilator yang berada di area over sold memberikan peluang bagi emas untuk naik, untuk itu perhatikan resistance di level 1217.25 karena apabila resistance ini berhasil break maka emas akan naik dan mencoba kembali test resistance kuat di kisaran 1324.70.

Namun jika ternyata emas turun dan berhasil menembus support di level 1312.60 maka emas berpeluang untuk turun lebih lanjut dan selanjutnya akan mencoba test support berikutnya di level 1305.15.


Perak Tertahan Resistance dan Membentuk Double Top 


Trading Emas OnlineDari chart TF 1 H diatas perak terlihat tidak berhasil break resistance di level 21.15 dan kembali terkoreksi. Perak berpeluang untuk kembali turun apabila berhasil break support di level 20.87, jika skenario ini yang terjadi maka selanjutnya perak akan mencoba test support berikutnya di level 2.69.

Namun apabila dilihat dari stochastic oscilator yang mulai mengarah ke atas memberikan peluang bagi perak untuk kembali naik, jika perak naik dan berhasil menembus resistance di level 20.97 maka perak akan mencoba kembali test resistance kuat di level 21.15. Perhatikan resistance kunci ini karena jika berhasil ditembus maka perak akan melanjutkan bias bullishnya.


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Lemahnya Dollar AS Bantu Kinerja Emas

denis sumaryadi Reply 14.24.00

Harga emas rebound akibat pelemahan dollar AS pasca rilis data GDP AS yang lebih buruk dari ekspektasi di kuartal pertama 2014. Mengecewakannya publikasi data GDP dan durable goods orders AS berhasil mengembalikan harapan bahwa Federal Reserve akan tetap mempertahankan kebijakan suku bunga rendah untuk sementara waktu. Memburuknya situasi di Iraq juga meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe-haven. Pemberontak menyerang pangkalan udara terbesar di Irak dan mengendalikan beberapa ladang minyak kecil seiring tim penasehat militer AS tiba di Irak untuk membantu Baghdad melawan pemberontak.


Sementara itu laporan IMF menunjukan bahwa Rusia, Kazakhstan, Meksiko, dan Portugal menambah cadangan emasnya di bulan Mei sementara Ukraina mengurangi kepemilikan emasnya sebagai cadangan devisa. Di lain pihak, bursa saham Singapura meluncurkan kontrak perdagangan emas  mengikuti jejak bursa Cina dan Hong Kong yang juga telah melakukan hal serupa. XAU/USD kini diperdagangkan di level $1320; menjauhi level rendah harian $1305.



Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Melemah, Terkoreksi Dari Level Tinggi 2 Bulan

denis sumaryadi Reply 17.02.00

 Emas melemah di London atas spekulasi penguatan emas yang mencapai level tertinggi dua bulan akan memacu beberapa investor untuk melakukan aksi jual.

Indeks relative-strength (RSI) pada emas untuk periode 14 hari sejak tanggal 19 Juni berada di atas atau dekat level 70 yang menunjukkan kepada beberapa trader yang mempelajari teknikal grafik bahwa harga mungkin akan melemah. Indeks pada hari  ini bergerak di kisaran 64.9. Logam mulia naik sebesar 3% pada pekan lalu seiring Federal Reserve mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga hampir di level nol untuk waktu yang akan di pertimbangkan, walaupun mereka tetap melakukan pemangkasan pembelian obligasi.

Emas berada di jalur penguatan kuartalan back-to-back sejak tahun 2011, sebagian besar karena kekerasan di Irak dan ketegangan di Ukraina yang telah memicu permintaan untuk aset safe haven seperti emas. Para pemberontak saat ini masih menguasai beberapa wilayah di Irak, menurut pejabat AS. Sementara itu AS sudah mengirimkan sebuah kontingen kecil tentara AS yang telah beroperasi di Irak untuk merangkul intelejn dan mendirikan pusat operasi di Bahdad, kata departemen pertahanan AS kemarin.

“Koreksi harga dari level tertinggi akan terus terjadi dengan beberapa penjualan yang terlihat baik di Asia,” kata David Govett, kepala analis logam mulia di Marex Spectron Group di London, dalam tulisan laporannya hari ini. “ Kita tidak mungkin melihat level tertinggi yang di capai pada beberapa waktu yang lalu, dengan tidak adanya masalah geopolitik terbaru.”

Emas pada hari ini melemah sekitar 0.3% menjadi $1,312.60 pada pukul 16.26 wib. Emas kemarin mencapai level $1,325, yang merupakan level tertinggi sejak 15 April. Emas untuk kontrak bulan Agustus turun sebesar 0.5% menjadu $1,314.50 di Comex New York. 


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Perak Rebound Setelah Tertahan Support, Bagaimana Dengan Emas .............. ?

denis sumaryadi Reply 16.06.00


Perak Rebound Setelah Tertahan Support di 20.69






 

Dari chart TF 1 H diatas perak terlihat mengalami koreksi setelah sempat menguat pada hari kemarin, dan saat ini perak berusaha rebound kembali, hal ini di dukung oleh stochastic oscilator dan CCI yang mengarah ke atas. Oleh karena itu perhatikan resistance di level 20.90, jika resistance tersebut berhasil ditembus maka perak akan kembali dalam bias bullish dan selanjutnya akan mencoba test resistance berikutnya di level 21.14.

Namun apabila ternyata perak turun dan berhasil menembus support di level 20.80 terlebih dahulu maka perak akan melanjutkan koreksinya dan selanjutnya akan mencoba test support berikutnya di level 20.69.


Emas Berusaha Rebound, Perhatikan Resistance di 1315.50


 

Dari chart TF 1 H diatas Emas terlihat mengalami koreksi setelah sempat menguat pada hari kemarin, dilihat dari stochastic oscilator dan CCI yang mengarah ke atas memberikan peluang bagi emas untuk kembali menguat meski saat ini emas tertahan resistance di level 1315.50. Perhatikan level resistance tersebut karena jika resistance tersebut berhasil ditembus maka emas akan kembali berada dalam bias bullish dan selanjutnya akan mencoba test resistance berikutnya di level 1320.95.

Namun apabila resistance di level 1315.50 tidak berhasil di tembus maka emas akan kembali turun untuk selanjutnya akan mencoba test support di level 1310.05, jika support tersebut berhasil ditembus maka emas akan turun untuk mencoba test support berikutnya di level 1305.15.


Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Sentuh Level Tinggi 2 Bulan

denis sumaryadi Reply 11.59.00

Harga emas menyentuh level tertinggi dalam 2 bulan terakhir setelah melambatnya kenaikan harga rumah AS dan turunnya kepercayaan bisnis Jerman meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe-haven. Indeks harga rumah S&P/Case-Shiller di 20 kota AS hanya mencatatkan kenaikan tahunan 10,8% di bulan April; laju kenaikan terendah dalam setahun terakhir dan lebih rendah dari kenaikan 12,4% pada bulan Maret. Sementara itu, turunnya sentimen bisnis Jerman membuat investor cemas dengan melambatnya momentum pertumbuhan ekonomi terbesar di zona-euro tersebut.


Meski demikian, rally emas tertahan oleh komentar hawkish Fed’s Plosser yang membuat investor kembali cemas dengan outlook kebijakan moneter AS. Presiden Fed of Philadelphia, Charles Plosser, mengatakan perekonomian AS mendekat target bank sentral lebih cepat dari ekspektasi dan ini dapat mendorong Fed untuk menaikan suku bunga lebih cepat dari antisipasi. XAU/USD kini diperdagangkan di level $1318.50 setelah sempat menyentuh $1325.82 di awal sesi New York.







Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Dan Perak Berlanjut Konsolidasi, Akankah Rally Berlanjut ....?

denis sumaryadi Reply 16.39.00

XAU/USD
 

Dari chart TF 1 jam di atas emas tengah mengalami fase konsolidasi setelah mengalami rally, meski jika dilihat dar stochastic oscilator yang berada di area over sold memberikan peluang bagi emas untuk kembali menguat, untuk itu perhatikan resistance kunci di level 1321.91, jika resistance ini berhasil ditembus maka emas akan melanjutkan bias bullishnya dan selanjutnya akan mencoba test resistance berikutnya di level 1335.15.

Namun apabila resistance ini tidak tembus dan emas turun bahkan menembus support di level 1308.77 terlebih dahulu maka emas akan berubah menjadi bias bearish dan selanjutnya emas akan mencoba test support berikutnya di level 1294.05


XAG/USD
 

Dari chart TF 1 H pergerakan perak secara umum masih seperti perdagangan hari kemarin, dimana perak masih berada dalam fase konsolidasi dan saat ini terjebak di antara resistance di level 20.96 dan support di level 20.69. Perhatikan kedua level ini jika perak naik dan berhasil menembus resistance di level 20.96 maka perak akan melanjutkan bias bullishnya dan selanjutnya perak akan mencoba test resistance berikutnya di level 21.23. Hal ini juga di dukung dari stochastic oscilator dan CCI yang mengarah ke atas.

Namun apabila perak turun dan bahkan berhasil menembus support di level 20.69, maka perak akan tertekan dan selanjutnya perak akan mencoba test support berikutnya di level 20.39.





Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Permintaan Safe-Haven Topang Performa Emas

denis sumaryadi Reply 12.11.00
Harga emas stabil dekat level tinggi 2 bulan setelah berlarutnya gejolak di Irak menegaskan daya tarik emas sebagai aset safe-haven. Meski demikian, rally emas sepertinya tertahan oleh melambatnya permintaan emas fisik dari Cina dan India seiring tingginya harga emas sekarang. Trader melihat permintaan emas fisik Asia cukup lemah di tengah munculnya harapan akan adanya harga yang lebih baik untuk membeli logam mulia.


Namun, kinerja emas masih ditopang oleh resiko geo-politik dunia. Pemimpin spiritual Iran menuding AS berencana untuk mengendalikan kembali Irak dengan mengeksplotasi gejolak yang terjadi di Irak. Presiden AS Barack Obama mengatakan konflik di Irak dapat menyebar ke negara lain seperti Jordan. Sementara itu, militan Iran terus meraih lebih banyak wilayah di sekitar perbatasan Irak dengan Syria. XAU/USD kini diperdagangkan di level 1316.50; menjauhi level rendah harian $1309.83 




Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Emas Tertahan Resistance Sementara Perak Bias Bullish ( Analisa 23 Juni 2014 )

denis sumaryadi Reply 15.28.00


Emas Tertahan Resistance, Waspadai Peluang Koreksi



 

Dari chart TF 1 H di atas emas berada dalam bias bullish, tetapi jika dilihat dari stochastic oscilator dan CCI yang berada di area overbought memberikan peluang emas untuk terkoreksi terlebih dahulu, jika skenario ini yang terjadi perhatikan support di area 1297.65 – 1306.92 untuk mencari konfirmasi sinyal beli, tetapi hati hati jika support di level 1297.65 berhasil break karena akan menekan emas lebih lanjut dan akan mencoba test support berikutnya di level 1282.66.

Namun jika emas naik dan berhasil menembus resistance di level 1321.91 terlebih dahulu maka emas akan melanjutkan bias bullishnya dan selanjutnya akan mencoba test resistance berikutnya di level 1326.90.


Perak Bias Bullish, Konfirmasi Resistance di 20.96


Trading Emas Online 

Dari chart TF 1 H diatas perak masih berada dalam bias bullish, meski saat ini tengah berada dalam fase konsolidasi dan tertahan di resistance 20.96. Perhatikan resistance ini karena jika resistance ini tertembus maka perak akan melanjutkan bias bullishnya dan selanjutnya perak akan mencoba test resistance berikutnya di level 21.23.

Meski demikian jika dilihat dari stochastic oscilator yang berada di area over bought memberikan peluang bagi perak untuk terkoreksi, jika perak terkoreksi perhatikan support di area 20.52 – 20.69 untuk mencari konfirmasi sinyal beli, tetapi harap hati hati jika support di level 20.52 berhasil ditembus karena ini bisa merubah perak menjadi bias bearish dan selanjutnya perak akan mencoba test support berikutnya di level 20.26.








Dapatkan Analisa Langsung ke email Anda

Subscribe Analisa

Artikel Sebelumnya

Search

Tradeworks

SUSCRIBE ANALISA DAN BERITA

SEMINAR ONLINE GRATIS

SEMINAR  ONLINE  GRATIS
Klik Untuk Registrasi Seminar Online

PARTNERSHIP PROGRAM

REKOMENDASI FREE MAJALAH BISNIS

Follow Us